Berita Terkini, Terpercaya, dan Tanpa Batas Dalam Era Digitalisasi
Indeks

1.500 UKM di Sragen Dapatkan NIB Melalui Kolaborasi PBI Gerbangmassa dan P2GS UMKM Gading Sukowati

1.500 UKM di Sragen Dapatkan NIB Melalui Kolaborasi PBI Gerbangmassa dan P2GS UMKM Gading Sukowati

KOMPASPOPULARNEWS – PBI Gerbangmassa dan P2GS UMKM Gading Sukowati bekerjasama untuk memberikan nomor induk berusaha (NIB) kepada 1.500 UKM di Sragen, Jawa Tengah, sebagai bagian dari upaya percepatan transformasi pelaku usaha informal ke dalam ranah formal.

Dalam kegiatan tersebut, Luluk Nur Hamidah, M.Si., M.PA., anggota Panitia Khusus Komisi V DPR RI, menyatakan bahwa pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah bagian integral dari upaya mempercepat transformasi usaha informal menjadi usaha formal bagi para pelaku usaha kecil. Selasa, (26/9/2023).

Di samping itu, Luluk Nur Hamidah, juga mengingatkan bahwa usaha mikro memiliki peran sentral dalam perekonomian Indonesia, sekitar 99 persen usaha berada di sektor ini. Meskipun, sekitar 60 persen di antaranya yang sudah masuk dalam ranah marketplace digital pemerintah.

 

 

Baca juga: Buka Stand UMKM, Wakil Ketua IPEMI Magelang Nining : Masyarakat Untuk Lebih Mencintai Produk Dalam Negeri

 

 

Sigit Wahyudi, perwakilan dari PBI Gerbangmassa, mengungkapkan bahwa fasilitasi pemberian NIB kepada 1.500 UKM di Sragen, yang merupakan anggota dari paguyuban P2GS Gading Sukowati, didukung oleh sponsor dari BNI 46 dan Pertamina. Kegiatan ini merupakan bagian dari target kerjasama antara PBI Gerbangmassa dan P2GS Gading Sukowati yang bertujuan untuk membuka akses pasar produk UKM di Sragen.

“Pihaknya juga berkomitmen untuk memperkuat posisi UKM di Sragen dalam rantai produksi, meningkatkan pemanfaatan pembiayaan yang terjangkau bagi pelaku usaha kecil, BUMDesa, dan koperasi, serta mendorong pertumbuhan ekspor nasional.” jelas Sigit.

 

 

Baca juga: Buka Stand UMKM, Wakil Ketua IPEMI Magelang Nining : Masyarakat Untuk Lebih Mencintai Produk Dalam Negeri

 

 

Yulius MA, Deputi Bidang Usaha Mikro Kementrian Koperasi dan UMKM yang hadir dalam kegiatan tersebut, menyatakan, “Peran penting UKM dalam mendukung perekonomian Indonesia tidak dapat diabaikan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kontribusi UMKM di masa depan, penting bagi para pelaku ekonomi kerakyatan ini untuk mendapatkan legalitas. Kami mendorong pelaku UMKM untuk segera memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB), karena kami yakin bahwa data usaha yang terkandung dalam perizinan tunggal ini akan memberikan banyak manfaat bagi usaha mereka.”

“Legalitas sangat penting bagi para pelaku usaha, karena identitas tersebut digunakan untuk memulai dan menjalankan usaha mereka. Dengan memiliki legal formal yang sah, mereka dapat dengan mudah mendistribusikan produknya secara luas, dan tentunya, legalitas ini memberikan kenyamanan dalam berusaha,” jelas Yulius.

Penyerahan NIB baru kepada 1.500 pelaku usaha UKM pada Minggu, 24 September 2023 di Sragen, dilaksanakan melalui kegiatan Pertemuan Akbar Anggota UMKM Gading Sukowati Penerbitan NIB 1.500 Pelaku Usaha serta Pembentukan Koperasi Prasasti Sukowati yang berlangsung di Lapangan umum Desa Gesi, Kecamatan Gesi, Kabupaten Sragen, Jawa tengah.

Dalam laporannya Ketua P2GS Gading Sukowati berharap agar program-program yang diupayakan untuk UMKM di Kabupaten Sragen bersifat sustainable agar terus menggeliat dan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat Sragen.

jasa-pembuatan-google-maps-bisnis-perbaikan-disuspen-solusinya
Whats-App-Image-2023-08-05-at-12-42-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *