Atase Pertahanan RI Dampingi Dubes RI-Abuja Bertemu Kasad Nigeria Dalam Meningkatkan Kerjasama Militer

KOMPASPOPULARNEWS – Dalam rangka meningkatkan diplomasi dan hubungan kerjasama militer pertahanan antara kedua negara, pejabat Atase Pertahanan RI Kolonel Caj Ottow RM mendampingi Duta Besar LBBP RI di Abuja Marsda TNI (Purn) Dr. H. Usra Hendra Harahap, M.Si beberapa waktu lalu melaksanakan kunjungan kehormatan (Courtessy Call) dan pertemuan dengan Kepala Staf Angkatan Darat Republik Federal Nigeria Letnan Jenderal Faruk Yahya di Markas Besar Angkatan Darat Nigeria di Abuja.

Dalam pertemuan hubungan kerjasama RI Abuja, Dubes LBBP RI di Abuja menyampaikan terima kasih kepada Kasad Nigeria atas kesediaannya menerima kunjungan kehormatan dari pihak Kedubes RI.

Whats-App-Image-2023-08-05-at-12-42-02

Pertemuan hubungan kerjasama RI Abuja bertujuan meningkatkan kerjasama militer bilateral antara TNI Angkatan Darat dan Angkatan Darat Nigeria.

Beberapa hal yang diangkat dalam pertemuan tersebut seperti; Pertukaran kunjungan pimpinan dan pejabat di level operasional, Peningkatan kerjasama pendidikan dan pelatihan, Promosi industri pertahanan diantara kedua negara, Forum knowledge and information/intelligence sharing, dan bidang kerjasama lainnya yang dapat disepakati bersama.

Pertemuan hubungan kerjasama RI Abuja dalam meningkatkan kerjasama militer bilateral antara TNI Angkatan Darat dan Angkatan Darat Nigeria.
Pertemuan hubungan kerjasama RI Abuja upaya meningkatkan kerjasama militer bilateral TNI Angkatan Darat dan Angkatan Darat Nigeria.

Menanggapi pemaparan dari Dubes RI, Kasad Nigeria Jenderal Yahaya menyambut dengan antusias peningkatan hubungan bilateral Angkatan Darat kedua negara yang sudah terjalin baik selama ini.

Lebih lanjut, ia menyampaikan Angkatan Darat Nigeria sangat membuka diri untuk dapat berkomunikasi dengan pihak Indonesia, khususnya TNI AD.

Bahkan, pihaknya telah memperoleh infomasi dari National Agency for Science and Engineering Infrastructure of Nigeria bahwa industri pertahanan Indonesia memiliki alat peralatan seperti senjata, munisi dan pesawat yang dapat dibeli untuk memperkuat alutsista AD Nigeria.

Di samping itu, dikatakan bahwa Nigerian Aviation Army (Penerbad Nigeria) sementara ini belum memiliki peralatan yang memadai dan sangat membutuhkan pesawat seperti CN-235 produksi Indonesia untuk pengembangan kekuatan Penerbad Nigeria.

Acara pertemuan yang berlangsung selama satu jam diakhiri dengan pertukaran cindera mata antara kedua belah pihak serta foto bersama.

Sesuai acara, Atase Pertahanan RI – Abuja Kolonel Ottow menyampaikan, acara tersebut berlangsung dalam suasana hangat dan konstruktif, sehingga ia optimis apa yang dibicarakan di masa yang akan datang dapat segera direalisasikan.[red/kpn]

#Atase Pertahanan RI di Republik Federal Nigeria.                                #Kolonel Caj Ottow R.M.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *