Berita Terkini, Terpercaya, dan Tanpa Batas Dalam Era Digitalisasi
Indeks

Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Tinjau Perkembangan Kelompok Tani Binaan Kp. Muare

KOMPASPOPULARNEWS.COM – Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Sertu Muhaliri meninjau perkembangan tanaman cabai rawit, hasil pemanfaatan lahan tidur yang dikelola Kelompok Tani Binaan di Kp. Muare, Distrik Mimika Timur, Kab. Mimika, Jumat (10/03/2023).

Babinsa Sertu Muhaliri saat di lokasi menjelaskan, lahan milik kelompok tani warga binaannya, selama ini hanya dibiarkan kosong tanpa ada manfaatnya. Dengan sedikit sentuhan tangan kreatif dan usahanya, lahan tidur bisa disulap menjadi lahan yang produktif.

Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya tinjau lahan budi daya cabai rawit di Kp. Muare
Babinsa Sertu Muhaliri saat meninjau lahan budidaya cabai rawit di Kp. Muare.

“Pemanfaatan lahan tidur, sebagai upaya mengurangi tumbuhnya rumput liar yang merusak pemandangan. Di samping itu, dengan ditanami lahan tidur jadi bermanfaat. Dari pada dibiarkan tak terolah, lebih baik kita tanami tanaman yang bermanfaat untuk menunjang ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya menerangkan, bahwa cabai rawit termasuk dalam famili solanaceae, dan merupakan tanaman yang berumur panjang.

Faktanya, cabai rawit dapat bertahan hidup selama 2-3 tahun apabila dirawat dengan baik, dan kebutuhan nutrisinya tercukupi. Budidaya cabai rawit secara umum tidak jauh berbeda dengan budidaya cabai merah. Namun, yang harus diperhatikan adalah jarak tanam dan pemupukannya, karena umurnya yang panjang, maka pemupukannya lebih banyak.

“Saya dengan warga sengaja memilih budidaya cabai rawit, ini dikarenakan tanaman cabai rawit lebih tahan terhadap penyakit, dibandingkan cabai yang lainnya,” tutur Sertu Muhaliri   [red/kpn/pen kodim 1710/Mimika]

jasa-pembuatan-google-maps-bisnis-perbaikan-disuspen-solusinya
Whats-App-Image-2023-08-05-at-12-42-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *