Berita Terkini, Terpercaya, dan Tanpa Batas Dalam Era Digitalisasi
Indeks

Cegah Aksi Tawuran Antar Pelajar, Polsek Windusari Ikuti Rakor Bersama Pihak Terkait

Cegah Aksi Tawuran Antar Pelajar, Polsek Windusari Ikuti Rakor Bersama Pihak Terkait

KOMPASPOPULARNEWS – Dalam upaya mencegah terjadinya aksi tawuran antar pelajar Polsek Windusari Polresta Magelang Polda Jawa Tengah terus melakukan berbagai upaya.

Salah satunya mengikuti Rapat Koordinasi Pencegahan Kerawanan Aksi Tawuran Antar Pelajar di Kawasan “Segitiga Emas”. Bertempat di SMK Negeri 1 Windusari, Selasa (08/08/2023).

Kawasan “Segitiga Emas” yang dimaksud adalah dua SMK di wilayah Kabupaten Magelang dan satu SMK di wilayah Kota Magelang. Masing-masing SMK Negeri 1 Windusari, SMK Muhammadiyah Bandongan dan SMK Yudha Karya Kota Magelang.

Rapat Koordinasi (Rakor) dihadiri oleh Kapolsek Windusari AKP Sutarman, Kapolsek Secang AKP Rinto Sutopo, S.H., M.M., dan Kapolsek Bandongan diwakili Kanit Samapta Ipda Ebdiansyah. Serta hadir Kapolsek Magelang Utara Polres Magelang Kota Kompol Purwanto, S.H., M.H.

Baca juga: Kapolresta Magelang Pimpin Upacara PTDH: Menjadi Polisi yang Baik, Jauhi Pelanggaran

Selain itu, hadir mengikuti Rakor, KBO Sat Binmas Polresta Magelang Ipda Edy P. R. bersama Kanit Bintibmas Polresta Magelang Iptu Anjar Prahasto, S.H. Kemudian Danramil 04/ Windusari diwakili Batuut Serma Suripto, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Windusari Agus Santoso, S.Pd bersama Waka Kesiswaan dan Guru BK (Bimbingan dan Konseling). Serta Waka Kesiswaan dan Guru BK dari SMK Muhammadiyah Bandongan, Waka Kesiswaan dan Guru BK dari SMK Yudha Karya, serta Babinsa Banjarsari Serka Mustofa.

Selaku tuan rumah, dalam sambutannya Kepala SMK Negeri 1 Windusari Agus Santoso, S.Pd mengapresiasi atas partisipasi peserta Rakor dalam rangka merumuskan bersama terkait pencegahan kerawanan tawuran antar pelajar. Di mana aksi tawuran sering terjadi di wilayah Windusari, Bandongan, Magelang Utara dan Secang.

 

 

Baca juga: Satreskrim Polres Metro Jaya Tangerang Kota Menangkap Sindikat Pemerasan dan Pengancaman

 

 

“Melalui Rakor ini kita bersama merumuskan langkah-langkah dan upaya pencegahan. Sehingga kesepakatan kita hari ini dapat mendukung dan memperkuat upaya dan langkah yang telah dilakukan oleh pihak masing-masing sekolah. Sehingga kita berharap ke depan tidak terjadi lagi aksi tawuran,” ucap Agus Santoso.

Sementara itu, Kapolsek Windusari AKP Sutarman menyampaikan, dalam mencegah terjadinya tawuran di wilayah hukumnya, Polsek Windusari telah melakukan berbagai upaya dan tindakan.

Secara Preemtif dengan melakukan pembinaan (Binluh) di sekolah-sekolah, secara preventif, pihaknya melakukan patroli tempat-tempat rawan, pengaturan dan pengawalan saat kepulangan para pelajar dari sekolah.

“Secara terkoordinasi, Polsek Windusari juga melakukan Razia di sekolah dengan melibatkan pihak sekolah, para guru dan pihak Koramil Windusari. Sedangkan tindakan Represif pun sudah dilakukan bagi pelajar yang terbukti melanggar hukum,” terang AKP Sutarman.

Rakor berlangsung lancar mulai pukul 09.15 WIB hingga pukul 13.00 WIB dan menghasilkan beberapa kesepakatan sebagai rumusan langkah-langkah pencegahaa Antara lain, Satu, Pihak sekolah akan memberikan data para siswa yang terindikasi terlibat dalam kelompok Geng ke Polsek setempat, guna dilakukan Binluh atau Bin Karakter.

Dua, Setiap ada akun IG yang dibuat oleh kelompok pelajar tersebut segera dilaporkan ke Polsek. Tiga, Segera laporkan setiap ada info terkait aksi tawuran, termasuk titik kumpul dan penghadangan. Empat, Pihak sekolah akan bekerjasama dengan Forkopimcam setempat untuk melakukan razia pelajar secara terkoordinasi dan berkelanjutan.

Lima, Pihak sekolah akan melakukan “Deklarasi Damai” Kawasan Segi Tiga Emas (SMK Negeri 1 Windusari, SMK Muhammadiyah Bandongan dan SMK Yudha Karya Kota Magelang). Kegiatan “Deklarasi Damai” akan dilaksanakan secepatnya dalam minggu ini dan akan menghadirkan perwakilan siswa dan Forkopimcam. Enam, Pembuatan banner imbauan Penolakan Aksi Tawuran yang kemudian dipasang di masing-masing sekolah.

“Kita semua berharap dengan rumusan yang telah kita sepakati, ke depan tidak terjadi lagi aksi tawuran di manapun, terlebih di Kawasan Segitiga Emas. Kita berharap para pelajar tetap fokus dalam belajar dan menuntut ilmu untuk masa depan mereka,” harap Kapolsek Windusari AKP Sutarman.[najib/red]

Humas Polresta Magelang.

jasa-pembuatan-google-maps-bisnis-perbaikan-disuspen-solusinya
Whats-App-Image-2023-08-05-at-12-42-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *