Berita Terkini, Terpercaya, dan Tanpa Batas Dalam Era Digitalisasi
Indeks

Danrem 051/Wkt Yustinus Nono Yulianto, S.E., M.Si memberikan Kuliah Umum kepada 100 orang Mahasiswa dan Mahasiswi Pasca Sarjana di Sekolah Tinggi Theologi IKAT

Danrem 051/Wkt: Kristalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi dan Mempertahankan Kebhinekaan Bangsa

KOMPASPOPULARNEWS – Pada Sabtu, 29 Juli 2023, Danrem 051/Wkt Yustinus Nono Yulianto, S.E., M.Si memberikan Kuliah Umum kepada 100 orang Mahasiswa dan Mahasiswi Pasca Sarjana di Sekolah Tinggi Theologi IKAT Jakarta. Kuliah Umum ini diselenggarakan di Jl. Rempoa Permai No.2, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Acara ini dihadiri oleh beberapa pejabat, termasuk Dandim 0504/Jakarta Selatan Kolonel Arh Redinal Dewanto, S. Sos., M.I.Pol., dan Kasi Ter Korem 051/Wkt Letkol Arm Sugiharto. Mereka diterima langsung oleh Direktur Pasca Sarjana STT IKAT, DR. Jimmy Lumintang, M.Th., serta Rektor STT IKAT, Dr. Abdon Amtiran M.T.h.

Materi kuliah umum yang disampaikan oleh Danrem 051/Wkt adalah “Kristalisasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.”

Baca juga: Serah Terima Jabatan Dandim 0507/Bekasi di Korem 051/Wkt: Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait Menggantikan Kolonel Kav Luluk Setyanto

Dalam kuliah tersebut, Danrem menjelaskan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia. Pancasila dianggap sebagai Kristalisasi Nilai-Nilai Luhur Bangsa, yang mencakup Nilai Ketuhanan, Nilai Kemanusiaan, Nilai Persatuan, Nilai Kerakyatan, dan Nilai Keadilan. Seluruh bangsa Indonesia diharapkan untuk berpegang teguh pada Pancasila demi tegaknya dan keutuhan NKRI.

Dalam era globalisasi yang menantang, keberagaman, multikulturalisme, dan pluralisme Indonesia menyebabkan kompleksitas permasalahan yang luar biasa. Ancaman terhadap nilai-nilai luhur kebangsaan seperti intoleransi, radikalisme, dan berita hoax di media sosial harus diwaspadai, terutama saat ini yang merupakan tahun politik. Oleh karena itu, penting untuk menghadapi tantangan tersebut dengan cara menjaga dan memelihara nilai-nilai luhur Pancasila.

Beberapa langkah yang disarankan untuk mewujudkan cita-cita kebangsaan melalui Pancasila adalah:

  1. IMPLEMENTASI: Mengamalkan Butir-butir Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  2. PENOLAKAN: Menolak tegas ajaran atau paham yang bertentangan dengan nilai Pancasila.
  3. PEDOMAN: Menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidup dalam bertindak dan berperilaku.
  4. PENDIDIKAN: Mengedepankan Pancasila dalam dunia pendidikan.

Danrem 051/Wkt juga menyampaikan pesan kepada mahasiswa bahwa saat ini mereka sedang menempuh pendidikan di lembaga pendidikan IKAT, maka mari sama-sama menjaga dan mengamalkan Pancasila.

Menutup materi kuliah umumnya, Danrem 051/Wkt juga menyampaikan bahwa Korem 051/Wkt aktif berpartisipasi dalam berbagai program seperti mengatasi Stunting, Pembuatan Air Bersih, Babinsa masuk dapur, TMMD, Kampung Pancasila, dan kegiatan teritorial bersama masyarakat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan menumbuhkan kesadaran bela Negara demi kepentingan Nusa dan Bangsa.[kpn/red]

Penrem 051/Wkt.

jasa-pembuatan-google-maps-bisnis-perbaikan-disuspen-solusinya
Whats-App-Image-2023-08-05-at-12-42-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *