Berita Terkini, Terpercaya, dan Tanpa Batas Dalam Era Digitalisasi
Indeks

Drumband IPDN dan Tanjidor Betawi Semarakkan Peringatan Hari Lahir Pancasila

KOMPASPOPULARNEWS – Ada yang berbeda pada Car Free Day (CFD) di Jalan MH Thamrin, Jakarta hari ini. Sayup-sayup suara drumband sudah terdengar dari kawasan stasiun BNI. Drumband dari para Praja IPDN tersebut semakin nyaring, seiring dengan iring-iringan kirab bergerak dari Patung Jenderal Soedirman. Minggu (26/5/2024).

Tak hanya Drumband IPDN, puluhan seniman Tanjidor khas kesenian Betawi juga turut memeriahkan Kirab Pancasila dengan lagu-lagu Nusantara.

Bukan hanya para pemuda, para personel Tanjidor ini juga banyak yang sudah senior, engkong-engkong yang asyik ‘ngibing’ sembari memainkan terompetnya.

 

Kirab Pancasila yang bertajuk “Dari Jakarta ke Nusantara” ini digelar oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam rangka menyambut Peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024.

 

Kepala BPIP Yudian Wahyudi menuturkan kegiatan ini sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Pancasila sebagai anugerah bagi Bangsa Indonesia.

“Kegiatan ini, untuk mengingatkan kembali kepada anak bangsa bahwa kita punya Pancasila yang sudah terbukti membebaskan kita dari penjajahan dan mempersatukan kita dalam NKRI. Di situ, kita sederajat di mata hukum. Oleh karena itu, kalau kita pakai bahasa agama, kita ini perlu bersyukur,” ujarnya, Minggu (26/5/2024).

Sementara itu, Wakil Kepala BPIP Dr Rima Agristina menjelaskan Kirab Pancasila ini sebagai upaya BPIP untuk mengajak masyarakat agar tetap harmonis dalam perbedaan Bangsa Indonesia.

“Hari ini, BPIP melaksanakan Kirab Pancasila. Menyampaikan juga pesan kepada masyarakat bahwa tema Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Emas 2045’. Oleh karena itu, kita mengajak masyarakat untuk menjaga kerukunan, kekompakan, gotong royong dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika,” tutur Rima.

Ribuan masyarakat yang hadir di CFD Jakarta nampak antusias menyaksikan miniatur Indonesia disajikan dalam tampilan Kirab Pancasila tersebut.

Ada yang swafoto, membagikannya di media sosial, bahkan mendekat langsung kepada para peserta kirab.[KPN]

jasa-pembuatan-google-maps-bisnis-perbaikan-disuspen-solusinya
Whats-App-Image-2023-08-05-at-12-42-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *