Kenalkan Dunia Riset Kepada Mahasiswa, BRIN Bimbing 21 Mahasiswa MBKM

KOMPASPOPULARNEWS.COM – BRIN kembali menerima 21 Mahasiswa dan Mahasiswi dari berbagai universitas untuk mengikuti kegiatan MBKM di Kawasan Konservasi Ilmiah Kebun Raya Purwodadi BRIN. Kegiatan ini merupakan wujud dukungan BRIN pada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Tema yang diambil oleh Mahasiswa/i dalam kegiatan MBKM kali ini terkait konservasi tumbuhan ex situ, konservasi benih tumbuhan, domestikasi tanaman hias, biospropeksi tumbuhan, dibimbing oleh Peneliti dari Pusat Riset Konservasi Tumbuhan, Kebun Raya & Kehutanan serta Peneliti dari Pusat Riset Ekologi & Etnobiologi.

Whats-App-Image-2023-08-05-at-12-42-02

Mahasiswa yang turut dalam program MBKM BRIN, merupakan peserta yang telah mendaftar secara online pada portal layanan E-Layanan Sains (https://elsa.brin.go.id). Mahasiswa/i mengajukan layanan dan melengkapi administrasi yang dipersyaratkan serta memilih pembimbing MBKM pada portal tersebut. Sebelum mengikuti kegiatan MBKM, Mahasiswa/i terlebih dahulu mengikuti pembekalan terpusat dari BRIN yang diselenggarakan secara online.

Pada hari pertama kegiatan di Kawasan Konservasi Ilmiah Purwodadi BRIN, para peserta MBKM mendapatkan arahan dan penjelasan dari Tulabi dan Linda Wige Ningrum sebagai pendamping mengenai tata kerja di lingkungan Kawasan Konservasi Ilmiah Purwodadi BRIN dan prosedur pengamatan tumbuhan koleksi serta penggunaan tumbuhan koleksi sebagai bahan penelitian, juga mengenalkan lingkungan dan budaya kerja kepada para peserta MBKM.

21 Mahasiswa dan Mahasiswi peserta program Merdeka Belajar Kampus merdeka (MBKM)  BRIN kali ini berasal dari 6 Universitas, yakni : Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Jember, dan Universitas Udayana.

Selama mengikuti kegiatan MBKM di BRIN, Kawasan Konservasi Ilmiah BRIN memberikan berbagai fasilitas kepada peserta, yakni : pembimbingan oleh peneliti BRIN, co-working space, akses internet, akses fasilitas riset (laboratorium dan rumah kaca) dan koleksi tumbuhan sebagai obyek pengamatan/penelitian serta studi literatur pada literatur online maupun buku literatur dengan pendampingan pustakawan BRIN.

Program MBKM dilaksanakan selama 1 semester (6 bulan), masing masing peserta MBKM mendapatkan target kerja yang dalam pelaksanaannya diawasi langsung oleh para pembimbing. Di akhir kegiatan MBKM, Mahasiswa Mahasiswi diwajibkan membuat laporan dan memaparkan laporan tersebut kepada pembimbing MBKM serta dosen pembimbing dari universitas. Penilaian kinerja peserta MBKM dilakukan selama proses MBKM berlangsung sampai dengan pembuatan laporan dan pemaparannya.

Setelah Mahasiswa dan Mahasiswi mengikuti kegiatan MBKM sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku serta menyelesaikan laporan dan memaparkannya, Mahasiswa berhak untuk mendapatkan sertifikat dan mengkonversinya kedalam pemenuhan SKS yang setara dengan 20 SKS. [dvd/kpn/brin]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *