Kenalkan Eco Enzyme Sejak Dini Oleh Babinsa Koramil Kramatjati

KOMPASPOPULARNEWS.COM – Dalam rangka sosialisasi mengenalkan kepada para Siswa-siswi SDN 09 Pinang Ranti Kec. Makassar, Pelda Ketut Budi melakukan sosialisasi cara pembuatan dan khasiat dari Eco Enzyme.

Pada Program kegiatan Army Go To School, kali ini Pelda Ketut Budi Babinsa Koramil Kramatjati menjelaskan bahwa Eco Enzyme adalah cairan alam serbaguna yang merupakan hasil fermentasi dari gula, sisa buah dan sayur-sayuran dan air, dengan perbandingan 1 : 3 : 10. Rabu (8/2/2023).

Whats-App-Image-2023-08-05-at-12-42-02

Perlu diketahui, pembuatan Eco Enzyme mempunyai.komposisi, pertama 70% sampah yang dibuang ke tempat Sampah adalah sampah organik. Dimana sampah organik di tersebut akan menimbulkan bau tidak sedap, mengurangi tingkat daur ulang plastik, serta memberi resiko terjadinya ledakan akibat gas metana yang ditimbun terlalu lama, ucap Ketut

“Pada dasarnya pengenalan sejak dini kepada para siswa-siswi SDN 09 Pinang Ranti, diharapkan para Siswa-siswi dimasa yang akan datang bisa kreatif membudidayakan sampah organik menjadi obat,” harap Babinsa Koramil Kramatjati.

Lebih lanjut, Pelda Ketut menerangkan, dengan membuat Eco Enzyme, kita telah mengolah sebagian besar sampah kita dan mengurangi beban tempat pembuangan sampah akhir.

“Eco Enzyme yang dibuat akan menghasilkan produk-produk yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagian besar mengandung bahan kimia sintetis yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Kemasan dari produk-produk tersebut juga mencemari lingkungan, karena hanya sebagian kecil saja yang didaur ulang, Eco Enzyme adalah alternatif alami dari bahan kimia sintetis berbahaya di rumah. Dengan membuat Eco Enzyme, kita mengurangi produksi limbah kimia sintetis,” kata Pelda Ketut Budi menjelaskan.

Di samping itu, Pelda Ketut mengatakan kepada para siswa-siswi dan Guru pendamping SDN 09 Pinang Ranti, untuk pembuatan Eco Enzyme, dibutuhkan waktu selama 3 (tiga) bulan di wilayah tropis dan 6 (enam) bulan di sub-tropis dengan hasil akhir berupa cairan berwarna kecoklatan dengan aroma asam segar. Eco Enzyme yang baik memiliki tingkat keasaman ( pH) di bawah 4,0 dan beraroma asam segar khas fermentasi.

“Eco Enzyme banyak sekali manfaatnya. Kita bisa menggunakan sebagai karbol dan pembersih alami, sabun cair alami, penjernih udara alami, pembersih rumah tangga alami, manfaat medis, Eco Enzyme mampu melawan parasit dan kuman yang menyebabkan infeksi dalam jantung, keputihan, radang otak, radang paru-paru, peradangan sendi, Infeksi kulit dan lain lain,” tuturnya.

Rizaldi, M.Pd Kepala Sekolah SDN 09 Pinang Ranti mengucapkan terima kasih kepada Babinsa Koramil 05/Kramatjati, Makassar karena telah memberikan sosialisasi serta pengenalan Eco Enzyme serta manfaatnya untuk kelestarian Bumi bagi anak cucu kita dimasa yang akan datang. [red/kpn]

Kodim 0505/Jakarta timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *