Kerja Sama Strategis: Sinergi Bakamla RI dan Turkish Coast Guard dalam Hubungan Bilateral

KOMPASPOPULARNEWS – Peran Esensial Bakamla RI dalam membangun sinergi dalam peningkatan keamanan maritim, Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr. Opsla., mengadakan pertemuan khusus dengan Kepala Turkish Coast Guard, Rear Admiral Asmet Kendir. Pertemuan ini berlangsung di Markas Besar Turkish Coast Guard, Jumat (20/10/2023).

Indonesia dan Turki, dua negara yang memiliki hubungan harmonis, berbagi tantangan yang serupa dalam sektor keamanan maritim.

Whats-App-Image-2023-08-05-at-12-42-02

Bakamla RI maupun Turkish Coast Guard memiliki tantangan menghadapi tingkat penyelundupan dan angka kecelakaan laut yang signifikan.

Kesamaan tantangan ini menciptakan peluang emas bagi kedua negara untuk berkolaborasi lebih erat, berbagi pengalaman, serta meningkatkan kapasitas dalam menghadapi ancaman maritim. Hal tersebut yang mendasari Bakamla RI mencanangkan kerja sama dengan Turkish Coast Guard kedepannya.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak menekankan pentingnya berbagi pengetahuan dan praktek terbaik untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi maritim. Dengan kolaborasi yang semakin erat, tantangan bersama seperti penyelundupan dan kecelakaan laut dapat diminimalisir.

Setelah melakukan courtesy call dengan Turkish Coast Guard, Laksdya TNI Dr, Irvansyah mengadakan kunjungan ke perusahaan pertahanan Turki, ASELSAN, yang berlokasi di Ankara dan berfokus pada pengembangan produk militer canggih.

 

 

Baca juga: Bakamla RI Pastikan Keamanan di Wilayah Kepulauan Riau melalui Operasi Udara Maritim

 

 

Laksdya TNI Dr, Irvansyah selama kunjungannya, diperkenalkan berbagai macam produk, termasuk sistem komunikasi, radar, dan avionik. Salah satu sorotan selama kunjungan adalah perkenalan meriam yang akan dipasang di KN Bakamla Smash RWS 30 MM.

Di samping itu, Laksdya TNI Dr, Irvansyah juga berkunjung ke Meteksan Savunma. Perusahaan yang berdiri sejak 2006 ini menawarkan teknologi seperti USV (Unmanned Surface Vehicle) ULAQ dan berbagai simulator.

Mengakhiri kegiatan di Turki, Kepala Bakamla RI melaksanakan pertemuan di KBRI Turki. Dalam pertemuan tersebut Kepala Bakamla RI disambut hangat Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Türki Achmad Rizal Purnama.

Selama kegiatannya di Turki, Kepala Bakamla RI didampingi oleh Kepala Biro Sarana dan Prasarana Laksma Bakamla Rudi Parulian Simorangkir, S.E., Direktur Data dan Informasi Laksma Bakamla Frandinanto, S.T., serta beberapa pejabat lainnya yang terlibat aktif dalam sektor keamanan maritim.[kpn/red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *