Ketua FWBB : Pernyataan Plt. Camat Klapanunggal Telah Melukai Hati Insan Pers

KOMPASPOPULARNEWS.COM – Di kutip dari laman salah satu media online terkait berita adanya pernyataan Plt. Camat Klapanunggal Galuh Sri Wahyuni  yang mengatakan, “Demi keamanan, awak media dilarang meliput pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kembang Kuning”. Hal ini menjadi sorotan publik, terutama dari insan pers.

Menyikapi pernyataan Plt. Camat Klapanunggal tersebut, Ketua Forum Wartawan Bogor Bersatu (FWBB) Iwan Boring menanggapinya dengan tegas karena telah melukai hati insan pers.

Whats-App-Image-2023-08-05-at-12-42-02

“Sebagai pejabat publik, pernyataan Plt Camat Klapanunggal sangat tidak etis dan melukai hati insan pers. Kami yang berprofesi wartawan adalah sebagai sosial kontrol, jadi harus berimbang dalam menayangkan berita. Oleh karenanya, diperlukan investigasi dan verifikasi agar tidak terjadi hoax,” ujar Iwan tegas.

Lebih lanjut, dengan rasa kecewa Iwan mengatakan, dengan adanya pernyataan seperti itu, seolah-olah profesi seorang wartawan dianggap sebagai biang ketidakamanan. “Kami bukan teroris, untuk itu saya minta Plt Camat Klapanunggal melakukan klarifikasi terkait maksud dari pernyataannya.

“Kami bukan teroris, saya mewakili insan pers khususnya yang tergabung di FWBB meminta Plt Camat Klapanunggal untuk mengklarifikasi maksud dari pernyataannya,” ketus Iwan Boring.

Di samping itu, Iwan juga menegaskan bahwa profesi seorang wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik telah di atur dalam UU Pers Nomor 40 tahun 1999.

“Selain itu, pejabat publik harus paham tentang undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 tahun 2008, agar pemberitaan kami berimbang dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujar Iwan. [albert/kpn]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *