Berita Terkini, Terpercaya, dan Tanpa Batas Dalam Era Digitalisasi
Indeks

Kodim 0505/JT Menggelar Time Table Tactical Floor Game (TFG) Latgulben

KOMPASPOPULARNEWS.COM – Dalam mengantisipasi penanggulangan bencana alam banjir di wilayah Jajaran Korem 051/Wijayakarta dengan dipandu melalui Video Troom tentang kesiapan Kodim 0505/Jakarta timur bekerjasama dengan Stakeholder (BPBD, Basarnas TNI-POLRI dan Pemda) melaksanakan gladi model Time Table Tactical Floor Game (TFG) dalam rangka Latgulben bertempat di Aula Makodim 0505/JT jln. Dr. Sumarno Pulogebang Cakung, Jakarta timut. Rabu (30/11/22).

Pasi Ops Mayor Inf Agus, menyampaikan, Program Latihan penanggulangan bencana alam (Latgulben) adalah merupakan program kerja yang harus dilaksanakan agar kedepannya pada saat terjadi bencana alam banjir Apkowil bersama BPBD, TNI-POLRI dan Pemda sudah siap dengan langkah-langkah penyiapan dan pertolongan terhadap korban banjir.

Kapten Inf Supriyatno sebagai narasumber pada Latgulben menyampaikan, skenario latihan melalui peta di denah latihan yang telah disiapkan Kepala BMKG menjelaskan, peringatan dini bahaya bencana alam banjir karena adanya potensi peningkatan curah hujan pada periode musim hujan tersebut maka perlu kewaspadaan dan siagaan terhadap potensi curah hujan tinggi yang berpotensi memicu bencana banjir.

Seluruh stakeholder terkait tanggap bencana, nantinya peserta akan diberikan pelatihan dan materi-materi mengenai Penanggulangan Bencana Alam dari narasumber ; Pasi Ops Mayor Inf Agus, Danramil 06/Cakung Kapten Inf Supriyatno, Danramil 01/Jatinegara Letkol Czi Jarmadi, BPBD, SAR, Kominfo dan Dinas kesehatan. Kemudian, dilatihkan secara Gladi Peta Model juga simulasi (praktek lapangan) selama 2 hari mulai 30 November – 01 Desember 2022.

Pada kesempatan tersebut, Kapten Inf Supriyatno menjelaskan Latgulben ini melatih kesiapsiagaan dari TNI-POLRI dan stakeholder yang dibantu oleh masyarakat didalam menghadapi bencana alam.

“Bagaimana koordinasi dari semua stakeholder pada saat terjadi bencana alam, sehingga dapat memberikan respon cepat terhadap penanggulangan bencana serta dapat meminimalisir sekecil mungkin dampak yang terjadi,” jelas Kapten Inf Supriyatno.

Walikota Administrasi Jakarta timur mengapresiasi kegiatan latgulben oleh Kodim 0505/Jakarta timur, BPBD, Basarnas, Tenaga Kesehatan dan stakeholder atas terlaksananya latihan penanggulangan bencana alam ini dengan aman kondusif.

Satuan yang hadir latgulben, Kodim 0505/JT, Yonkav-7/PS, Polres Jaktim, BPBD, Basarnas, Pomdam Jaya, Bekangdam Jaya, Kesdam Jaya, Pendam, Dinas Bina marga, Dinas LH, Tata Air, Pertamanan, Dinkes, Dishub, Dinsos, Satpol-PP, PDAM, PLN, Damkar dan PMI. [red/kpn]

Sumber Kodim 0505/Jakarta timur.

jasa-pembuatan-google-maps-bisnis-perbaikan-disuspen-solusinya
Whats-App-Image-2023-08-05-at-12-42-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *