Berita Terkini, Terpercaya, dan Tanpa Batas Dalam Era Digitalisasi
Indeks

Latihan Gabungan TNI 2023 di Gelar, Tinjau Medan Dabo Singkep

Latihan Gabungan TNI 2023 di Gelar, Tinjau Medan Dabo Singkep

KOMPASPOPULARNEWS.COM – Tahap pertama Latihan Gabungan TNI 2023 di Gelar Angkatan Darat Indonesia secara resmi dimulai untuk Kogabwilhan I, dengan dilakukan survei lapangan pada hari pertama. Sekitar 30 personel dari Kodiklat TNI dan Mabes TNI diangkut oleh pesawat Hercules TNI Angkatan Udara, tiba di Dabo Singkep, Kepri pada hari Senin (8/5/2023).

Tim tersebut dipimpin oleh Brigjen TNI Setio Budi, yang merupakan Direktur Pengembangan Manajemen (Dirbinjemen) di Sesko TNI. Setelah tiba di Dabo Singkep, mereka segera melakukan briefing untuk memastikan bahwa semua orang memahami kegiatan survei lapangan. Setelah briefing selesai, tim mengunjungi Pusat Latihan Pertempuran Angkatan Laut Menara Tinjau.  Dabo Singkep, adalah sebuah area seluas sekitar 10 hektar yang akan digunakan untuk melatih kemampuan prajurit dalam Latgab TNI.

Selain lokasi yang disebutkan di atas, tim juga melakukan survei lokasi Operasi Pertahanan Pantai (Opshantai). Operasi ini sangat penting untuk Kogabwilhan I, karena melibatkan laut. Kemudian mereka melanjutkan ke Pusat Latihan Tempur Korps Marinir 9 di Dabo Singkep. Fasilitas ini akan digunakan sebagai lokasi alternatif untuk Posko Komando Gabungan selama Latgab TNI 2023 bagi para pejabat tinggi.

Hari pertama survei lapangan diakhiri dengan kunjungan ke Lanal Dabo Singkep, yang merupakan lokasi alternatif untuk Posko Komando Gabungan karena memiliki area parkir yang luas dan lalu lintas kendaraan yang lancar.

Operasi Pendukung Latihan Gabungan TNI.

Perlu dicatat bahwa Latgab TNI 2023 untuk Kogabwilhan I akan mencakup berbagai topik.  Seperti Operasi Udara Gabungan (Opsudgab), Operasi Latihan Gabungan (Opslagab), Operasi Pertahanan Pantai (Opshantai), Operasi Amfibi (Opsamphibi), Operasi Pendaratan Administrasi (Opsratmin), dan Operasi Pendukung.

Operasi Pendukung terdiri dari Operasi Pendukung Bantuan Tembakan (Opsdukbantem), Operasi Pendukung Siber (Opsdukcyber), dan Operasi Pendukung Informasi (Opsdukpen).

Tujuan dari Latgab TNI 2023 adalah untuk mengantisipasi dan menanggapi perubahan dan kemungkinan-kemungkinan yang dapat muncul. Semua itu dilakukan dalam rangka menjaga dan melindungi kedaulatan Republik Indonesia. Latihan militer ini merupakan kesempatan bagi TNI Angkatan Darat Indonesia untuk meningkatkan keterampilan dan kesiapan mereka. Dengan demikian mereka dapat merespons secara efektif terhadap situasi apapun yang dapat mengancam keamanan negara.

 

Baca juga : Kapuspen TNI: Gerombolan KST Kerap Menyebar Berbagai Narasi Berita HOAKS

 

Secara keseluruhan, Latgab TNI 2023 untuk Kogabwilhan I adalah acara yang penting bagi TNI Angkatan Darat Indonesia untuk memastikan bahwa mereka siap menghadapi tantangan apapun yang mungkin muncul.[Kpn/Jef]

TNI PATRIOT NKRI

 

Autentikasi: Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Aidil

jasa-pembuatan-google-maps-bisnis-perbaikan-disuspen-solusinya
Whats-App-Image-2023-08-05-at-12-42-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *