Ops Lilin Jaya 2022, Kodim 0505/JT Apel Gelar Pasukan Pengamanan Nataru

KOMPASPOPULARNEWS.COM – Mewakili Dandim 0505/Jakarta timur, Danramil 08/Duren Sawit Kapten Inf Hadi Sasmungi beserta Jajaran Babinsa menggelar Apel Pasukan Pengamanan Perayaan Hari Natal 2022 dan Malam Pergantian Tahun Baru 2023.

Apel gabungan bertajuk, “Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2022” berlangsung di Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII Jalan Raya Pintu 1 TMII Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta timur. Kamis (22/12/22).

Whats-App-Image-2023-08-05-at-12-42-02

Dalam sambutannya Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes. Pol. Budi Sartono, S.I.K. M.S.i.,M. Han, selaku Pembina Apel Gabungan Operasi Lilin Jaya 2022 mengutarakan, “Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh, Salam Sejahtera Untuk Kita Semua, Bismillahirrohmanirrohim. Pada hari ini, akan saya bacakan amanat Bapak Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Yang saya hormati segenap unsur pimpinan daerah, para pejabat TNI/Polri, tokoh pemuda, serta para tamu undangan. Atas rahmat dan karuniaNya kita masih diberikan kesehatan serta kekuatan untuk menghadiri apel gelar pasukan operasi lilin 2022.

“Selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi tingginya kepada seluruh pihak yang telah mengikuti apel gelar pasukan operasi lilin 2002. Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarana prasarana. Dengan demikian diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi hingga perayaan Natal 2022 serta pergantian Tahun Baru 2023.

“Pergerakan orang pada kegiatan menyambut Nataru tahun ini, oleh sebab itu Polri bersama TNI, Pemda, interkamtibmas, stakeholder terkait operasi lilin kepolisian terpusat dengan sandi ‘operasi lilin 2022’ selama 11 hari mulai berlaku dari tanggal 23 Desember 2022 – 2 Januari 2023.

“Pengamanan berbagai hal tersebut tentunya dipersiapkan dalam rangka mengamankan kegiatan menyambut Natal dan Tahun baru agar masyarakat merasa nyaman dan aman.

“Bagaimana perintah dari Presiden Joko Widodo bahwa, saya minta persiapan seluruh sektor dan stakeholder dalam mengatasi gangguan dan masalah saat Natal dan Tahun Baru sebelumnya disiapkan agar masyarakat merasa nyaman dan juga aman.

“Bersama pasukan gabungan dan para hadirin yang saya banggakan. Selanjutnya, pada sisi keamanan terdapat beberapa potensi gangguan yang perlu diwaspadai seperti kemacetan, maupun kecelakaan lalu lintas jalan, dan penyeberangan antar pulau, serta kepadatan pada bandar udara, Terminal, dan Pelabuhan. Pastikan tidak ada penumpukan kendaraan yang akan melakukan penyeberangan dengan menambah jumlah kapal dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi umum di Bandara, Terminal, dan Pelabuhan, maka lakukan pengaturan jadwal keberangkatan, dorong pengambilan tiket secara online. Lakukan pengaturan arus keluar masuk bersama dengan aparat terkait guna meregistrasi terjadinya kepadatan penumpang.

“Kejahatan paling tinggi terjadi pada bulan Desember melihat tersebut tingkatkan patroli pada daerah rawan objek vital. Tingkatkan standar keamanan lingkungan dan tempat tinggal ancaman terorisme juga menjadi potensi gangguan yang serius.Tidak boleh terjadi maka kedepankan deteksi dini dan cegah dini

“Yang tidak kalah penting adalah ketahanan pangan dan BBM, lakukan monitoring di lapangan bersama Satgas pangan dan stakeholder terkait guna memastikan pasokan pangan dibawa para pelaku usaha dan tidak melakukan penimbunan yang dapat menyebabkan kelangkaan maupun kenaikan harga.

“Pengamanan ibadah Natal pastikan setiap lokasi dilakukan sterilisasi. Sedangkan, untuk pengamanan perayaan malam tahun baru lakukan pengangkatan izin kegiatan keramaian dengan melakukan assesmen, bekerja sama dengan penyelenggara dan stakeholder terkait terutama kegiatan – kegiatan yang melibatkan masa jumlah besar.”

Hadir pada apel gabungan Ops Lilin TA. 2022 ;  Kapolres Metro Jakarta timur Kombespol Budi Sartono, SIK.,M.Si.,M.Han, Sekretaria Kota Administrasi Jakarta timur mewakili Walikota, Dandim 0505/JT diwakilkan Danramil 08/Duren Sawit Kapten Inf Hadi Sasmugi, Perwakilan dari manajemen TMII Kolonel Laut IG. Putu Sedana, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Timur DR.Yudi Kristiana, SH.,MH, Dandenpom TNI Mayor Pas Angga Setian M, Para Ka Sudin Kota Adm. Jakarta Timur, dan Ka Satpol PP Kota Adm. Jakarta Timur Budhy Novian, SH.

Rangkaian kegiatan selama pelaksanaan apel gabungan Ops Lilin Jaya TA. 2022 berlangsung dalam keadaan aman dan kondusif. [red/kpn]

Sumber Kodim 0505/Jakarta Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *