Daerah  

PAC Muslimat NU Bersama IGRA, IGBA, dan IGPAUD Selenggarakan Manasik Haji Untuk Usia Dini

KOMPASPOPULARNEWS.COM – Pimpinan Anak Cabang ( PAC ) Muslimat NU Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa tengah bersama Ikatan Guru Raudhotul Afal (IGRA), Ikatan Guru Bustanul Afal (IGBA), dan Ikatan guru pendidikan usia Dini (IGPAUD) mengadakan pelatihan manasik haji untuk siswa-siswi PAUD RA dan BA, adapun pelaksanaan kegiatan acara tersebut dilaksanakan Rabu, 19 Oktober 2022 jam 07.30 – 12.00 WIB.

Bertempat di lapangan Windusari Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Dalam acara tersebut dihadiri Camat Windusari, Polsek Windusari, Koramil Windusari, Tokoh agama, Guru, Siswa, dan orang tua siswa, serta masyarakat umum.

Acara tersebut berlangsung dengan aman lancar sampai dengan selesai dan untuk acara kegiatan pelatihan manasik haji siswa PAUD RA BA tahun 2022 kali ini mengambil tema, “Pengenalan Ibadah Haji sejak dini guna Membina generasi Berakhlak Mulia, Religius dan Mandiri”.

Kegiatan ini diikuti oleh 15 sekolah RA 1 sekolah BA 3 sekolah PAUD dan 1 Sekolah Al-Iman dengan jumlah peserta kurang lebih 500 siswa.

Suaibah Aslamiyah Ketua Panitia Pelatihan manasik haji siswa PAUD RA BA, sekaligus Ketua PAC Muslimat NU Kecamatan Windusari saat dikonfirmasi oleh awak media menyampaikan terimakasih kepada pihak Camat, Pihak Polsek, Pihak Koramil Windusari, Tokoh Ulama yang telah berkenan menghadiri acara pelatihan manasik haji PAUD RA BA ini.

“Terimakasih pula kami sampaikan kepada seluruh panitia yang sudah bersusah payah mengupayakan hingga terlaksananya kegiatan ini. Begitu juga kepada wali murid atau pendamping siswa peserta manasik haji yang telah hadir pada acara hari ini, kepada anggota Banser Kecamatan Windusari yang telah membantu kegiatan acara ini,” ujar Suaibah Aslamiyah.

Kegiatan acara manasik haji siswa PAUD RA BA ini  untuk mengenalkan anak didik sejak usia dini agar menjadi kader yang intelektual, agamis, bertanggung jawab, serta memberikan pembelajaran bagaimana tatacara proses pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan tuntunan syariat agama Islam, sehingga ketika sudah dewasa paham bagaimana melaksanakan ibadah haji dengan benar.

“Harapannya dengan diadakan kegiatan pelatihan manasik haji siswa PAUD RA dan BA Se-Kecamatan Windusari, agar dapat meningkatkan ukuwah islamiyah, terciptanya sinergi antara guru-guru RA PAUD dan BA,” imbuh Suaibah.

Hal senada juga disampaikan Nurjamiah, S.Pd Ketua Ikatan Guru RA / BA Kecamatan Windusari bahwa tujuan diadakan pelatihan manasik haji siswa PAUD RA BA untuk mengenalkan anak-anak tentang ibadah haji sejak dini guna membina generasi berakhlak mulia, religius, mandiri, dan sebagai praktek langsung bagi siswa itu sendiri. Kegiatan ini dilaksanakan 2 tahun sekali.

Drs.Titok Lestianto, M.M. Selaku Camat Windusari saat di temui awak media menyampaikan apresiasinya, dengan diadakannya acara kegiatan pelatihan manasik haji siswa PAUD RA BA ini adalah untuk mewujudkan dan mempraktekkan ilmu- ilmu yang didapatkan anak di sekolah. Dimana, di sekolah hanya mendapatkan teori- teorinya saja. Sedangkan kegiatan pelatihan manasik haji ini lebih banyak kegiatan praktek.

Ada 3 Aspek materi yang menjadi pedoman bagi siswa-siswi.

1. Aspek Afektif

Jadi anak-anak ini kita tumbuhkan tentang cinta agamanya, cinta pada rukun islamnya, sehingga rasa perasaannya kita tumbuhkan sejak dini. Perlu kita ingat, kita lihat perkembangan teknologi begitu pesatnya jadi anak anak perlu dibentuk karakter yang baik.

2. Aspek Kognitif

Anak-anak juga diajarkan tentang pengetahuan kegiatan rukun islam dalam hal ini manasik haji.

3. Aspek Psikomotorik

Anak-anak diajak lebih terampil lagi dalam melaksanakan kegiatan, mulai langkah kegiatan apa saja, aturan apa saja dalam manasik haji ini, jadi sangat bermanfaat sekali. Semoga anak-anak akan semakin lebih cinta pada agamanya, semakin mengetahui tentang agama islamnya dengan rukun islamnya.

“Harapan dengan diadakan pelatihan manasik Haji siswa PAUD RA BA Kecamatan Windusari ini agar anak – anak menjadi anak yang sholeh dan sholekhah. Kedepanya, kegiatan ini akan dilaksanakan tidak hanya 2 tahun sekali akan tetapi tiap ada kesempatan untuk mengadakan pelatihan manasik haji untuk siswa PAUD RA BA sebaiknya diadakan kegiatan tersebut,” ungkap Camat Windusari.

Atul Isani, salah satu wali murid RA Muslimat NU Wonoroto menyampaikan, kegiatan pelatihan manasik haji untuk siswa PAUD RA BA ini kami sangat mendukung sekali kenapa demikian, karena bagi anak akan lebih cepat mengerti bagaimana cara-cara melakukan proses urutan melaksanakan ibadah haji di samping itu pula acara seperti ini dapat saling kenal mengenal antar siswa dan atar orang tua siswa di wilayah khususnya di Kecamatan windusari.

Lebih lanjut, Atul Isania berharap agar terus diadakan, karena kegiatan seperti ini memang banyak manfaatnya terutama dari segi ilmu, bagaimana tatacara melaksanakan ibadah haji dengan cara yang benar menurut agama Islam. [Red/Najib/NS)

jasa-pembuatan-google-maps-bisnis-perbaikan-disuspen-solusinya
Whats-App-Image-2023-08-05-at-12-42-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *