Berita Terkini, Terpercaya, dan Tanpa Batas Dalam Era Digitalisasi
Indeks
Berita, TNI  

Pentingnya Pendidikan Anti-Bullying: Koramil 05/Kramatjati Army Go To School

KOMPASPOPULARNEWS – Upaya mencegah terjadinya bullying atau perundungan di sekolah, Kodim 0505/Jakarta timur melalui jajaran Koramil 05/Kramatjati-Makassar, mengadakan kegiatan Army Go To School yang bertempat di SDN 04 Cipinang Melayu di Jln. Kartika Eka Paksi RT.10/RW.06 Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar, Senin (6/11/23).

Danramil Kapten Arm Asnawi dalam kegiatan Babinsa Army Go To School di SDN 04 Cipinang Melayu menjelaskan, Program ini bertujuan memberikan wawasan kebangsaan serta meningkatkan pemahaman tentang bahaya bullying terhadap kesehatan mental para siswa-siswi.

Bullying merupakan hasrat untuk menyakiti yang diwujudkan
kedalam sebuah aksi, sehingga menyebabkan seseorang menderita. Aksi ini dilakukan secara langsung oleh seseorang atau kelompok yang lebih kuat, tidak bertanggung jawab, biasanya berulang dan dilakukan dengan keadaan senang.

 

 

Baca juga: Membangun Generasi Cinta Tanah Air: Babinsa Sampaikan Materi Wasbang di SDN 06 Kalisari

 

 

Tanda-tanda anak menjadi korban
bullying adalah mengalami kesulitan dalam bergaul, merasa takut datang ke sekolah, ketinggalan pelajaran, mengalami kesulitan berkonsentrasi dalam pelajaran, kesehatan mental dan fisik akan berpengaruh baik jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam waktu yang cukup lama anak yang menjadi korban bullying akan menunjukkan gejala atau perilaku seperti penuh ketakutan karena truma dan menjadi malu atau kurang percaya diri. Kurangnya rasa percaya diri pada anak akan berakibat anak menjadi kurang menghargai dirinya sendiri yang akan mempengaruhi kemampuan anak mengatasi masalah atau tantangan dalam hidupnya.

Dalam kegiatan Babinsa Army Go To School tersebut, Babinsa Sertu Marginanto dan Serda Bikron yang dilaksanakan setelah kegiatan Upacara Bendera Hari Senin, langsung memberikan wawasan kebangsaan terhadap para Siswa-siswi SDN 04 Cipinang Melayu, untuk tidak melakukan Bullying terhadap sesama para Siswa-siswi.

Pengarahan kepada para Siswa-siswi, tentang pentingnya hidup berdampingan dan saling menghargai di antara sesama. “Kita semua harus bisa hidup saling berdampingan, toleransi, dan saling menghargai. Agar persatuan dan kesatuan bangsa bisa tetap terjaga, maka kita semua harus saling menghargai dan menghormati.

“Kegiatan Army Go To School ini, adalah wujud nyata bahwa TNI hadir untuk memberikan rasa sejuk dan nyaman kepada para Siswa-siswi di sekolah,” ujar salah seorang Babinsa.

Di samping itu, Babinsa juga mengajak kepada para Siswa-siswi, untuk bersama-sama mencegah terjadinya bullying atau perundungan di sekolah.[kpn/red]

jasa-pembuatan-google-maps-bisnis-perbaikan-disuspen-solusinya
Whats-App-Image-2023-08-05-at-12-42-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *