Berita Terkini, Terpercaya, dan Tanpa Batas Dalam Era Digitalisasi
Indeks
Ragam  

Pesta Laut 2022 Muara Angke Ajang Silaturahmi Nelayan dan Pengusaha

KOMPASPOPULARNEWS.COM – Sejumlah nelayan ikut meramaikan Acara Pesta Laut yang diselenggarakan di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara, Selasa 15 November 2022.

Pesta Laut yang digelar para nelayan di Pasar ikan Muara angke ujung utara Jakarta, mengambil tema, Nelayan Sejahtera, Nelayan Kuat. Dalam upacara sedekah laut atau yang biasa disebut Nadran.

Sedekah Bumi Nadran merupakan tradisi adat kebiasaan warga nelayan yang disertai ratusan kapal dengan melarungkan sesaji di tengah laut, yang kemudian diperebutkan oleh para nelayan yang hadir.

“Pesta laut ini sudah biasa dilakukan setiap tahunnya oleh para nelayan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME atas hasil laut yang diperoleh,” ujar salah satu nelayan yang mengikuti acara sedekah bumi.

Di samping itu, dalam acara Pesta Laut adapula pemberian jaminan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan kepada beberapa ahli waris yang keluarganya meninggal sebagai nelayan dalam mengarungi kehidupannya.

Bahkan pihak panitia menyajikan hiburan warga, seperti tari tradisional, penampilan ondel-ondel, dan wayang kulit yang di gelar semalam suntuk. Pada siang hari warga disuguhkan hiburan dangdut.

Ketua Umum panitia Pesta Laut 2022, Wanto alias Ahwat menjelaskan, kegiatan tersebut adalah sebagai ajang silaturahmi para nelayan dan para pengusaha dalam bentuk ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas perolehan hasil laut.

“Dengan berkumpulnya teman-teman, semoga menambah pengetahuan, koneksi dan rezeki yang berlimpah. Sehingga terciptanya Nelayan Sejahtera, Nelayan Kuat. Jaminan kematian itu lah yang menciptakan rasa kemanusiaan, sehingga akan menguatkan para nelayan itu sendiri,” ucap Ahwat

Sementara itu, Maad Kepala UPPP Muara Angke mengungkapkan, pesta laut merupakan bentuk rasa bersyukur bagi para nelayan. Nadran ini sebagai wadah silahturahmi para nelayan dan juga para pengusaha perikanan yang perlu di jaga dengan baik.

“Kegiatan Nadran mempunyai potensi menjadi destinasi wisata dan budaya, karena semua nelayan akan datang di manapun berada diadakan, bahkan dari seluruh Indonesia. Nah, kali ini di Muara Angke ini kita melaksanakannya,” ungkap Maad. [Red/KPN]

jasa-pembuatan-google-maps-bisnis-perbaikan-disuspen-solusinya
Whats-App-Image-2023-08-05-at-12-42-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *