Presiden Jokowi Sambut Kunjungan Resmi PM Timor-Leste di Istana Bogor

KOMPASPOPULARNEWS.COM – Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Timor-Leste, Taur Matan Ruak, di Istana Kepresidenan Bogor, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Senin, 13 Februari 2023.

Tiba sekitar pukul 10.00 WIB, kedatangan PM Timor-Leste turut diiringi oleh pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Whats-App-Image-2023-08-05-at-12-42-02

Setibanya di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Presiden Jokowi langsung menyalami PM Taur Matan Ruak. Prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam sebanyak 19 kali. Setelah dentuman meriam selesai, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Selanjutnya, kedua pemimpin memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara. Delegasi Indonesia yang hadir yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi; Menteri Sekretaris Negara Pratikno; Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim; Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita; Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia; Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Hiariej; Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani; dan Duta Besar Indonesia untuk Timor-Leste Okto Dorinus Manik.

Sementara itu, delegasi Timor Leste yang hadir antara lain Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Adaljiza Albertina Xavier Reis Magno; Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Kebudayaan Longuinhos dos Santos; Menteri Transportasi dan Komunikasi José Agustinho da Silva; Menteri Perdagangan dan Perindustrian Jose Lucas do Carmo da Silva; dan Duta Besar Timor-Leste untuk Indonesia Filomeno Aleixo da Cruz.

Setelah memperkenalkan masing-masing delegasi, Presiden Jokowi kemudian mengajak PM Taur Matan Ruak untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai. Selepas itu, kedua pemimpin kemudian menuju veranda untuk berbincang sejenak.

Acara dilanjutkan dengan penanaman pohon Cendana (Santalum album) bersama oleh Presiden Jokowi dan PM Taur Matan Ruak. Selepas itu, kedua pemimpin menggelar pertemuan bilateral yang dilanjutkan dengan pernyataan pers bersama di Ruang Teratai.

Rangkaian kunjungan resmi tersebut kemudian diakhiri dengan jamuan santap siang resmi oleh kedua pemimpin negara di Ruang Garuda. [red/kpn/bpmisetpres]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *