Program Kartu Bodas 2023: K3S dan Pengawas Pendidikan Parungpanjang Salurkan Bansos kepada 831 Siswa/i SDN

Jejak Edukasi Unggul Kabupaten Bogor untuk Anak Bangsa

KOMPASPOPULARNEWS – Bupati Kabupaten Bogor, Iwan Setiawan, meluncurkan Kartu Bogor Cerdas (Bodas) Tahun 2023 sebagai bagian dari program panca karsa, yaitu Karsa Bogor Cerdas. Ia mengungkapkan bahwa kartu ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada siswa/siswi SDN yang kurang mampu dalam hal pendidikan saat acara peluncuran kartu Bodas.

Jejen S.Pd., Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), didampingi oleh pengawas K3S, menjelaskan kepada awak media, “Hari ini, kami bekerjasama dengan Bank BJB untuk menyalurkan bantuan sosial (Bansos) pada program Bogor Cerdas (Bodas) tahun 2023. Inisiatif ini dilaksanakan di Gedung PGRI Kecamatan Parungpanjang, Kamis dan Jumat, 7-8 Desember 2023, sesuai arahan Bupati Kabupaten Bogor H. Iwan Setiawan melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor.”

Whats-App-Image-2023-08-05-at-12-42-02

Lebih lanjut, Jejen menyatakan, “Dalam acara ini, K3S bersama pengawas Dinas Pendidikan Kecamatan Parungpanjang hanya memfasilitasi tempat dan memberikan sosialisasi kepada orang tua wali murid. Penyaluran bansos langsung dicairkan oleh Bank BJB, dan Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar. Sebanyak 831 murid di kecamatan Parungpanjang menerima Bansos program Bodas dari Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Pendidikan, dibagi dalam dua tahap, dengan jumlah 449 murid pada tahap pertama dan 382 murid pada tahap kedua.

Kegiatan berlangsung selama dua hari, Kamis tanggal 7 Desember 2023, dan Jumat tanggal 8 Desember 2023, di Gedung PGRI Kecamatan Parungpanjang. Pencairan dana melalui Bank BJB sebesar Rp. 250.000 untuk setiap murid Sekolah Dasar Negeri di Parungpanjang.

 

Baca juga: Keseruan SMAN 1 Parungpanjang dalam Memperingati Hari Pahlawan: Tinjauan Pendekatan Hukum dan Fungsi Jurnalis

Bupati Bogor Iwan Setiawan secara langsung memberikan hadiah kepada dua murid saat meluncurkan program panca Karsa Bodas (Bogor Cadas) di Pemda Bogor pada hari Selasa, 5 Desember 2023.

Pembiayaan untuk bantuan sosial (Bansos) atau program Bodas ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor tahun 2023.

Oleh karenanya, Jejen S.Pd. berharap agar orang tua wali siswa yang menerima bantuan sosial (Bansos) dari Pemerintah Kabupaten Bogor dapat merasakan manfaatnya. Program Bansos atau Bodas ini dilaksanakan setiap tahun, dan tahun ini Pemerintah Kabupaten Bogor memberikan bantuan berupa uang tunai yang dicairkan melalui Bank BJB. Penting untuk dicatat bahwa bantuan ini khusus untuk siswa-siswi warga masyarakat Kabupaten Bogor yang bersekolah di Kecamatan Parungpanjang.

Sesuai dengan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Bogor, yakni menjadikan Bogor sebagai kota terdepan dan cerdas, bantuan ini merupakan upaya nyata dalam mendukung visi tersebut.

Sementara itu, Agus Sujarsa, sebagai pengawas pembina pendidikan Kecamatan Parungpanjang, menyampaikan, “Alhamdulillah, pagi tadi K3S membuka kegiatan bansos atau program Bodas pukul 08.00 WIB dan berhasil selesai pada pukul 15.00 WIB. Kami memantau bahwa kegiatan ini berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif. Penyaluran dilaksanakan dalam dua tahap, dengan tahap pertama pada hari Kamis melibatkan 449 siswa-siswi yang menerima bantuan melalui Bank BJB. Tahap kedua dilakukan pada hari Jumat, melibatkan 382 siswa-siswi, sehingga totalnya mencakup 831 siswa-siswi dari 41 sekolah di Kecamatan Parungpanjang.”

Lebih lanjut, Agus Sujarsa menyampaikan harapannya agar program bansos atau Bogor Cerdas Bodas dapat terus berlanjut di masa yang akan datang.

Di tempat yang sama, salah satu orang tua wali siswa, Bapak Ali dari SDN Cikuda 1, menjelaskan kepada awak media, Pemerintah Kabupaten Bogor memberikan Kartu Bodas kepada kami yang sudah terdata dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan belum terlayani Program Indonesia Pintar.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bogor, khususnya kepada Bapak Bupati H. Iwan Setiawan yang memberikan bantuan ini. Kami berharap bantuan ini dapat terus diberikan setiap tahun, sebanyak 3 kali,” tutupnya dengan harapan yang tulus.[kpn/red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *