Walet Jenis Anjing Dark Shepherd Sukses Bertugas Dalam Misi Pencarian Korban Longsor

KOMPASPOPULARNEWS.COM – Mabes Polri merasa bangga atas keberhasilan anjing pelacak bernama Walet yang diterjunkan dalam misi pencarian korban tertimbun material tanah longsor.

Aksi heroik Walet sempat viral di media sosial. Anjing jantan pelacak berjenis dark shepherd yang didatangkan dari negara Belanda ini turut serta bertugas dalam pencarian korban jiwa yang tertimbun tanah longsor akibat gempa bumi di Cianjur, Jawa barat. Rabu (30/11/2022).

Whats-App-Image-2023-08-05-at-12-42-02

Usia Walet tergolong masih muda 2,5 tahun. Namun, Walet merupakan salah satu anjing pelacak diantara 16 anjing-anjing pelacak lainnya yang di terjunkan oleh Polri.

Ada 10 ekor dari K-9 Mabes Polri dan 6 ekor dari K-9 dari Polda Jawa barat dalam misi pencarian korban, dan berhasil mendeteksi sebanyak 10 jenazah yang tertimbun material tanah longsor.

AKP Moh. Amali Kanit K-9 SAR Mabes Polri saat dilokasi menceritakan, Walet adalah jenis anjing Dark Shepherd dari Belanda memiliki insting yang kuat, sudah kita gunakan berjalan selama 6 – 8 bulan. Kita tes untuk tugas hari ini, dan walet berhasil.

“Walet kita terjunkan di kampung Cijendil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. Itu wilayah yang paling berat dan paling banyak memakan korban, viral di media sosial dan membuat semua tim K-9 Mabes Polri merasa bangga atas keberhasilan Walet,” ujar AKP. Moh. Amali.

Selain Walet, adapula anjing lainnya dari K-9 Mabes Polri dan Polda Jawa barat yang berhasil menemukan titik lokasi korban. Sehingga, jika di jumlahkan total sekitar 20 jenazah berhasil dideteksi oleh barisan anjing-anjing pelacak ini. [red/kpn]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *