Berita Terkini, Terpercaya, dan Tanpa Batas Dalam Era Digitalisasi
Indeks

Desa Boncong Bancar Tuban Bangun Tanggul Laut untuk Cegah Abrasi Pantai

KOMPASPOPULARNEWS – Abrasi laut atau erosi pantai adalah bencana alam yang dipengaruhi oleh faktor alami dan aktivitas manusia. Dampaknya meliputi pengikisan pada bibir pantai akibat gelombang arus laut, yang berpotensi merusak keseimbangan alam.

Oleh karena itu, penting untuk  mengambil tindakan pencegahan dan mitigasi untuk melindungi pantai dan lingkungan pesisir dari dampak negatif abrasi ini.

Pemerintah Desa (Pemdes), Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur melakukan upaya penanganan abrasi laut yang menerjang pesisir pantai Desa Boncong. Penanganan itu berupa pembangunan dinding menggunakan bus beton sebagai tanggul Laut.

 

Kepala Desa Boncong Dasri mengatakan, abrasi laut di desanya ini adalah yang terparah terjadi saat ini. Pemdes berupaya mengalokasikan anggaran dana desa (ADD) upaya mencegah kerugian yang lebih besar.

 

”Mulai tahun 2020, 2021, 2022 sampai tahun 2023 hingga saat ini, Pemdes berupaya mengucurkan dana anggaran khusus untuk pembangunan dinding tanggul laut. Pembangunan itu dilakukan secara bertahap dan melalui proses yang cukup sulit,” ucapnya, Selasa (23/4/2024).

Selain itu, Dasri juga mengatakan, pembangunan dinding tanggul laut ini, diharapkan dapat menjaga keamanan pemukiman warga pesisir. Sehingga lahan permukiman warga dapat terlindungi dari hantaman ombak saat cuaca ekstrim.

 

Baca juga: Pentingnya Peduli Terhadap Warga: Koramil 0811/12 Bancar Tuban Datangkan Alat Berat untuk Normalisasi Kali

 

Babinsa Koramil 0811/12 Bancar Serka Raka menambahkan, bahwa pembangunan dinding tanggul laut tersebut dapat menjaga keindahan pantai dan bisa menguntungkan para nelayan untuk rambatan perahu.

“Semoga pembangunan ini bisa menjadi pelopor di Desa lain, yang mana sebagai daerah nelayan pesisir, serta kedepannya dapat menarik wisatawan lokal, tetapi tidak luput dengan mengutamakan keindahan juga,” imbuh Sersan Raka.

Sementara itu, salah seorang warga masyarakat Desa Boncong mengapresiasi tindakan tersebut. Menurutnya upaya Pemdes mencegah terjadinya abrasi pantai yang lebih parah, supaya dapat menginspirasi Pemerintah Daerah Tuban dalam membantu mengalokasikan dana untuk pembangunan tanggul laut yang sebagian belum terselesaikan.

“Dengan pembangunan dinding tanggul laut, ini sangat membantu melindungi masyarakat dari ancaman abrasi, apalagi saat terjadi cuaca ekstrim. Semoga Pemda juga dapat membantu pembangunan yang belum terselesaikan inj,” ucap Parlan. [kpn]

jasa-pembuatan-google-maps-bisnis-perbaikan-disuspen-solusinya
Whats-App-Image-2023-08-05-at-12-42-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *