Berita Terkini, Terpercaya, dan Tanpa Batas Dalam Era Digitalisasi
Indeks

Toleransi Beragama Dalam Perayaan Idul Adha 2023: Simbol Keharmonisan dan Kesatuan di Kabupaten Magelang

Toleransi Beragama Dalam Perayaan Idul Adha 2023: Simbol Keharmonisan dan Kesatuan di Kabupaten Magelang

KOMPASPOPULARNEWS – Momentum perayaan hari keagamaan selalu tepat sebagai wadah untuk membangun toleransi antar umat beragama. Seperti yang terjadi pada momen perayaan Hari Raya Idul Adha 2023 di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada Rabu, 28 Juni 2023.

Pihak Muhammadiyah menjadi pelaksana Shalat Idul Adha di Lapangan Pemda Muntilan. Suasana toleransi yang indah terlihat di lokasi tersebut. Hal ini merupakan momentum perayaan hari keagamaan di Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang.

Tidak kurang dari 3.000 jamaah memadati Lapangan Pemda, bahkan meluas hingga ke halaman Gereja Katolik Santo Antonius yang berlokasi tidak jauh dari lapangan.

Yang menarik, Romo Dian Permana (Romo Ale SJ) dari Gereja Katolik Santo Antonius Muntilan juga ikut bergabung dalam menjaga keamanan. Bahkan beliau ikut menyambut para umat Muslim yang datang untuk Shalat Idul Adha dan menyalami jamaah.

Kapolsek Muntilan Polresta Magelang Polda Jawa Tengah, AKP Abdul Muthohir S.H, M.H, yang ditemui di lokasi saat memimpin pengamanan Shalat Idul Adha di lapangan tersebut, mengatakan kehadiran Romo Ale SJ adalah salah satu simbol indah dari toleransi di Kabupaten Magelang, terutama di wilayah Kecamatan Muntilan.

Baca juga : Komsos Danramil Cakung, Merajut Kebersamaan Dalam Moderasi Beragama

“Rasanya adem. Kita hadir untuk melaksanakan pengamanan bersama dengan Romo Ale SJ dalam pelaksanaan Shalat Idul Adha. Inilah bentuk nyata dari toleransi dalam beragama,” kata AKP Thohir.

Selain kehadiran Romo, pihak gereja setempat juga menyediakan fasilitas tempat parkir untuk sepeda motor dan mobil bagi umat Muslim yang datang untuk Shalat Idul Adha di halaman gereja.

Menurut Kapolsek Muntilan, kegiatan seperti ini menunjukkan betapa pentingnya keberagaman dan kerukunan dalam kehidupan masyarakat. Para pemimpin agama, seperti yang ditunjukkan oleh Romo Ale, merupakan contoh yang baik bagi generasi muda dan masyarakat secara luas.

Sementara itu, panitia menyebutkan bahwa jumlah jamaah yang ikut Shalat Idul Adha di Lapangan Pemda sebanyak 3.000 orang, dengan Imam dan Khotib Shalat Idul Adha adalah Ustad Dr. H. Immawan Wahyudi, Dosen Universitas Ahmad Dahlan DIY.[nana/red]

Humas Kapolresta Kabupaten Magelang.

jasa-pembuatan-google-maps-bisnis-perbaikan-disuspen-solusinya
Whats-App-Image-2023-08-05-at-12-42-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *